Tuesday, January 31, 2012

FORMASI JATIM ke XIX

Sebagai mahasiswi dari jurusan Fisika yang baik (eaaaa) penting banget buat aku nambah wawasan dan kawan di bidang ini. Makanya aku ikutan Formasi. Formasi atau Forum Mahasiswa Fisika yang ke XIX ini diadakan kemarin tanggal 27, 28, dan 29 Januari 2012 di kota Madiun. Formasi ini merupakan acara rutin yang diadakan 2 kali setahun dan dihadiri oleh teman-teman dari jurusan Fisika di seluruh universitas di Jawa Timur.

Ini dia daftar universitas yang kemarin hadir di Formasi XIX :
1. Universitas Negeri Surabaya
2. Universitas Negeri Malang
3. IKIP PGRI Madiun
4. Universitas Jember
5. Universitas Widya Mandala
6. Universitas Brawijaya
7. Universitas Islam Negeri Malang
8. Universitas Islam Pamekasan
9.UNIKAMA
10. Institut Teknologi Sepuluh November

Berangkat naik bis dari Surabaya, aku ama temen-temen dari UNESA sampai di terminal Madiun dan dijemput oleh panitia untuk menghadiri Opening di Graha IKIP PGRI Madiun. Opening berjalan khidmat awalnya, dibuka dengan video teamwork dari panitia dan paduan suara. Setelah ketua panitia nyampein sambutan, tiba-tiba lampu mati. Setelah direchek, ada listrik korslet. Supaya aman karena berpotensi terjadi kebakaran, semua peserta langsung dilarikan menuju Asrama Haji untuk bermalam lebih awal dan opening dilanjutkan esok hari.

28 Januari 2012

Setelah melakukan senam pagi dan sarapan masakan khas Madiun yaituu Pecel Madiun (favorit bapak gue ini :D ) acara dibuka kembali oleh sambutan dari rektor IKIP PGRI Madiun. Agenda untuk pagi itu adalah presentasi Karya Tulis terpilih dari LKT (Lomba Karya Tulis). Keren-keren banget inovasi temen-temen baik dari bidang pendidikan maupun fisika murni. Tapi aku paling amazed ama Karya Tulis dari Universitas Brawijaya yang membahas inovasi dalam mendeteksi bencana alam. Kenapa ya kalo bau-bau geofisika tuh menggetarkan gimanaaa gitu hehehe.

Well ini nih list karya tulis dari temen-temen kemaren:

1.Universitas Jember : Pembelajaran Fisika dengan Representasi Pendidikan Karakter dalam Kehidupan Sehari-hari Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
2. Universitas Widya Mandala : Pemanfaatan Program Simulasi Eksperimen Termodinamika Berbasis Komputer sebagai Media Pembelajaran di SMA
3.Universitas Islam Pamekasan : Taman Sains Pamekasan untuk Meningkatkan Minat Siswa terhadap Fisika di Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Madura
4. Institut Teknologi Sepuluh November : Bioetanol (Lupa judulnya --")
5. Universitas Negeri Malang : Reduksi Anggaran Listrik Pemerintah dengan Pemasangan PLTA dan cahaya di Tiap Rumah
6. UNIKAMA : Biogas (Lupa juga judulnyaaa *haduuh )
7. Universitas Brawijaya : Analisis Mikrotremor dengan Metode Nakamura
8. Universitas Jember : Metode Pengukuran Kelistrikaan Permukaan Daun

wohooo and the winner comes from Universitas Widya Mandala. Congrats frieds! :)

Setelah ishoma dilanjutin dengan Outbond. Karena masi jam 2 siang jadi panaas banget i'm not that excited hoho. Setelah shower time, our mind got refresh by Motivation session. Lumayan lah jadi semangat lagi. Setelah maghrib itu kita semua langsung pada heboh persiapan buat inagurasi untuk sesi malam.

Lucunya ide buat inagurasi itu dateng dadakan. Setelah ribet sana sini keluar ide akhirnya kita sepakat untuk berpantun ria ala OVJ dengan Rahil sebagai leader disisipi dengan iklan Pocari Sweat, jadi ada dancer dan promo Pocari Sweat gitu, dan diakhiri dengan koor "Mungkinkah" diiringi gitar oleh mas Edo dan piano by me.
Ternyata tim inagurasi dari Unesa tampil paling terakhir (bontot cuyy). Huaah jadi rada cemas kalo uda pada bosen. Soalnya nih penampilan kelima uda pada menguap bahkan ada yang tidur! Waaaahh
Dan ternyat performance kita gokil dan attracting banget, soalnya pantun bikinan Rahil isinya perwakilan dari masing-masing daerah peserta FORMASI. Dengan ending yang mengharukan kami sukses menutup acara inagurasi malem itu. Cieeeeeeehhhhhhh :D

29 Januari 2012

The next day adalah seminar yang dibukan dengan donor darah. Excited banget pengen donor darah lagi setelah sekian lama nggak donor. Tapi terpaksa batal karena setelah diperiksa tensinku cuma 100, padahal butuhnya 110. Nanggung banget gak siih? Hohoho.
Pembicara seminar adalah bapak Rohedi dari ITS. Beliau menyampaikan penemuannya tentang keajaiban nilai phi yang turun dari langit. Beliau bisa menghafal 100 angka phi. Jadi 3.14 bla bla bla bla. Beliau ngebuktiin sendiri dengan menulis semua angka di white board. Semua peserta langsung terkagum-kagum.

Akhirnya tiba juga di puncak acara yaitu sidang Formasi. Berasa banget di Sidang ini semua udah saling akrab satu sama lain Uda nggak malu-malu lagi seperti ketika pertama bertemu (kok berasa lagu ya? hehehe). Daaan yang paling ditunggu-tunggu dateng juga: Formasi Award.
Ada 3 kategori dalam Formasi Award ini, yaitu Kategori Peserta Terbaik, Kategori Peserta Inagurasi Terbaik, dan Kategori Inagurasi Terbaik.
Kategori Peserta Terbaik diberikan kepada Universitas Negeri Malang
Kategori Peserta Inagurasi Terbaik diberikan kepada Universitas Islam Negeri Malang
Kategori Inagurasi Terbaik diberikan kepada Universitas Negeri Surabaya (gara-gara ada Pocari Sweat nya niih hahaha)
Acara ditutup dengan foto-foto bersama. Mulai deeh narsis nya pada kumat semuaa hehe. Sampai jumpa di Formasi berikutnya!

No comments:

Post a Comment