Wednesday, June 8, 2016

Selalu Baik

Pelajaran dari Al Hasan Al Bashri, disebut dalam Ath Thuyuriyat karya Abu Thahir As Silfi, dinukil dari Min Akbar As Salaf Ash Shalih, hal 353

Tetaplah berbuat baik pada orang yang berbuat jelek kepadamu. Jika tidak, jangan sampai engkau berbuat jelek pada orang yang berbuat baik kepadamu.

Pelajaran untuk saya. Ego dan prasangka  menghalangi kita untuk jadi baik kepada semua orang. Jadi, mari bersihkan hati. Bersihkan terus. Jangan disumbat lagi dengan dosa-dosa. Agar terhindar dari 'g sadar' jahat sama orang yang berbuat baik sama kita. Na'udzubillah.

Cek surat Al Hujurat ayat 12

Wahai orang-orang yang beriman. Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain..

Pertama, prasangka baik ke Allah
Ingat terus bahwa Allah sesuai prasangka hambanya. Dan ngga mungkin Allah itu akan dzalim sama kita.

Kedua, prasangka baik kepada orang2 beriman
Sering ke saudara seiman masih aja mikir jelak. Ini bikin ngga tenang dan ngejadiin kita dzalim. Dia baik, kitanya yg mikir jelek akhirnya membalas perbuatan baiknya dg perbuatan buruk. Melelahkan prasangka itu. Astaghfirullah.
Maka, cari 1001 alasan untuk selalu berprasangka baik. Apa saja. Niatkan prasangka baik untuk taat kepada Allah agar Allah jg makin ridha dengan kita. Hayu selalu berbaik sangka, agar hati senantiasa nyaman.

No comments:

Post a Comment