Sunday, February 18, 2018

2018 Lifestyle Goals


Ketika menginjak belajar di kampus gajah, saya mulai sadar kalau kondisi kamar ketika akan ditinggal itu akan ‘sangat’ mempengaruhi kesehatan psikis dalam ngejalanin aktivitas seharian di luar. Ini bukan perasaan ya. Jadi ketika psikis saya siap untuk menjalankan suatu hari baru, pasti ngga akan ada yang namanya ninggalin kamar dalam kondisi berantakan. 

Okelah am not some madam perfect yang tiap barang harus lurus teratur selalu di situ dan ngga ada setitik debu pun tertinggal di permukaan barang yang ada di kamar. But at least haruslah kasur itu udah diberesin, selimut udah dilipet, bantal-bantal udah ketata, dan nggak ada barang-barang perintilan yang berserakan (berserakan ya) di atas meja atau karpet.

Mungkin yang barusan normal buat kebanyakan orang, but aku baru dapet ‘aha’ moment ini ya baru dua tahun terakhir ini. Waktu itu partner saya ketika kerja bareng di Departemen Humas dan Media di Kamil, adalah orang yang bersihnya dan rapihnya bikin saya speechless, karena di atas standar rapih saya, padahal dia laki-laki. Jaket habis dipakai aja dia lipet presisi banget sama ukuran tas dia dan ditekan sampai setipis mungkin.  Folder di laptop juga terkategori dengan rapi sekali. Tiap ada agenda, dia bahkan lebih rapi dalam notulensi daripada saya, yang perempuan. Ketika misalkan ada acara yang butuh beres-beres dan di bawah komando saya acara itu udah siap buat dimulai, dia masih aja keluar instruksi yang intinya beres-beres saya belum beres. Sering dibuat kesal juga akhirnya. Waktu itu saya mikir, pasti ada hikmah Allah kirim orang kaya dia gini ke saya yang masih suka serampangan (yang kalau dalam bahasa positif saya adalah ngga kaku dan fleksibel haha). Saya belajar buat ngga kalah sama dia dan berpikir saat itulah saatnya untuk memulai serius istiqomah berbenah. Misal, kalau awalnya ngelipet mukena sekadarnya akhirnya mulai diperhatiin lagi gimana biar beneran rapi, barang-barang diatur biar ngga berserakan, mulai rutin beli bunga sedap malam biar hepi sama kamar, rutin londri sprei dan selimut at least 2 minggu sekali (belum kuat dan ga ada waktu buat cuci sendiri haha), rutin cuci sandal dan bersihin sepatu, dan macem-macem lagi yang sebelumnya aku pikir belum masuk prioritas untuk dilakuin. 

Namun yang paling menampar ya kejadian baru-baru ini.
Pernah berada di suatu titik terendah di akhir tahun 2016, saat itu kondisi kamar pun berada di titik akut yang parah banget. Even ketika atasan dan senior datang bertamu hendak menjenguk, saya sampai tidak tega mempersilahkan beliau-beliau masuk kamar saya. Saya berpikir, kenapa masih aja bisa kumat berantakan gini. Oh saya salah niat sepertinya setelah direnungkan lama. Cuma buat ego kalau perempuan ngga akan kalah rapi dari laki-laki. Makanya fisik saya lelah, ketika psikis pun sedang lelah, jadilah berantakan segala rupa. Nah, ketika saya memutuskan untuk membenahi hati saya, saya secara otamatis pun ‘berbenah’ dengan segala barang dan item yang ada di kamar.

Kenapa?

Karena kamar yang berantakan itu udah cukup jadi distraksi buat hati saya jadi berantakan lagi juga. Haha baper ya, namun demikianlah adanya. 

Apakah setelahnya ketika saya down lagi lalu saya berhenti berbenah?

Saya berusaha untuk tidak.

Saya mulai mengerti yang membuat saya down adalah ketika berlepas dari Allah. Maka sejak saat itu, segala aktivitas yang saya lakukan kalau bisa yang bikin Allah jadi suka terus sama saya. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman, sebagian dari yakinnya kita ke Allah, ngebuat saya buat serius rutin bersih-bersih buat nunjukin kalau saya yakin Allah. Dan dengan ngejaga kamar tetap rapih ini sama dengan ngejaga Allah juga agar dekat dengan saya. Ini booster yang luar biasa ya buat ukuran iman saya yang naik turunnya kadang udah ngga termaafkan harusnya.

Jadi balik lagi, setelah rutin berbenah dengan standar saya yang saya naikin dikit-dikit, psikis saya jadi lebih tertata juga. Lebih positif. Lebih terbuka. Lebih menerima.  Saya jadi lebih bahagia di tempat kerja. Lebih menikmati menghadapi permasalahan di sekolah. Dan bonus yang paling terasa ya saya lebih menikmati berlama-lama, bermanja-manja dengan Rabb saya. Nyaman tilawah, semangat murojaah. Karena kan kamarnya cling, rapi, wangi hehe.

Berangkat dari sini, tentunya attitude yang bagus ini harus dijaga, dirawat, dipelihara jangan sampai musnah kena badai siklon dahlia. Di Shokyuu Intensive Class yang merupakan program dari KonMari Indonesia, saya diajak untuk memvisualisasikan attitude ini sebagai gaya hidup ideal saya. Saya lebih suka menyebutnya 2018 Lifestyle Goals untuk diri saya sendiri hehe.

Saya percaya, lifestyle itu dipengaruhi banget saya amalan yaumiyah. Tiga amalan yaumiyah basic yang saya masih pertahankan sampai sekarang walaupun seringnya tertatih-tatih, belum juga habit into ikkansei sesuai slogannya MJR-SJS, menjadi penopang atau pondasi dari life style ideal yang saya impikan untuk bisa istiqomah. Jadi di MJR-SJS, setiap hari setidaknya kita harus khalas tilawah 1 juz, wirid Al Ma’tsurat, dan qiyamul lail. Saya masih sering matahari (tidak lengkap melakukan ketiga amalan yaumiyah ini) daripada petir (lengkap menjalankan ketiganya). But yet, I feel secure to maintain myself steady dengan ikhtiar muraqabatullah ini. Mungkin, saya memang udah sangat butuh imam ya biar makin cetar ber amal yaumiyah (haha excuse).

Kalo amalan yaumiyah udah kuat, maka menguatkan diri untuk mengupayakan lifestyle goals juga insyaAllah akan aman.  Soooo ini diaa my 2018 Lifestyle Goals:
1.       Saya akan rutin untuk workout di tempat olahraga muslimah setiap pulang kerja tiga kali seminggu. Misalkan ada halangan kaya meeting dadakan jadi pulang kemaleman, saya akan plank sendiri di rumah 5 set sebelum tidur.
2.       Saya akan nyetok buah, sayur, dan lauk setiap minggu untuk dikonsumsi sepekan. Buahnya beli di toko sebelah kosan dan selalu beli yang per kilo paling murah, karena tiap pekan selalu beda harga buahnya hhe. Sayur dan lauk yang dibeli juga pilih yang gampang dan ngga habis waktu buat diolah (karena pulang kerja udah capek apalagi kalau workout juga, belum misalkan bawa kerjaan), misal bayam wortel dan fillet ayam. Bisa dibuat sup, atau direbus jadi bayam korea atau dimakan sama sambel pecel. Jadi, bisa makan sehat dan hemat setiap hari
3.       Banyakin baca buku buat nutrisi kerjaan sama nutrisi hati, yang ngga ebook, jadi biar bisa ngurangin cranky Instagram, You Tube, sama nonton yang hanya membuat daku yang basicly mager jadi tambah-tambah males buat bergerak. Tema buku-buku buat dibaca tahun ini sepertinya akan lebih banyak tentang pendidikan di sekolah dan di rumah untuk anak-anak. Saya juga ngga akan menolak sastra indie yang kaya nilai islam. Buku tentang berbenahnya Marie Kondo juga pastinya. I would like to buy the manga one from Periplus, udah lihat previewnya di Play Books dan unch banget yet bikin semangat beres-beres haha.
4.       Saya ngga akan skip doing skin care routine, baik yang daily maupun yang weekly. Sebelum kerja dan mau tidur. Skin care routine yang saya jalanin yang basic aja tapi istiqomah. Yang daily adalah double cleansing, double toning, dan moisturizing, lalu sun screen kalo pagi. Yang weekly cukup exfoliating mask aja. Sisanya bebas fleksibel mau gimana. Yang dibenahin ngga kamar doang dong ya, muka juga hhe.
5.       Saya akan rajin merawat succulent lagi buat di meja kerja sama di atas rak buku. Kalau ada budget lebih, boleh beli bunga sedap malam atau bunga lain seminggu sekali.
6.       Saya akan rutin mencuci motor dua minggu sekali dan rajin catat km motor biar sadar kapan harus servis motor di bengkel
7.       Setiap dua minggu sekali, saya akan semi-spring clening yaitu ngebersihin rice cooker, cuci keset, dan londri sprei dan selimut.
8.       Petir di MJR-SJS setiap hari. Naik kelas ke MJR-SJS 1 dan bertahan di sana. No hutang kulsap lagi.



Buanyak ya setelah scroll up lagi, dan mayan berat juga. Apalagi banyak plank nya hahaha. Ngga papa, semoga list Lifestyle Goals di atas diaminin sama malaikat. Dan diringankan buat dikerjakan. Serta diteguhkan untuk diamalkan hihi.
Udah segitu aja tulisan saya. Gapapa ya walaupun anti klimaks. Semoga jadi pesan yang baik terutama buat saya di masa depan. Ganbarimasyou!

No comments:

Post a Comment