Monday, February 26, 2018

Menjaga Mind Set



Di task sebelumnya saya udah memvisualisasikan gaya hidup yang menurut saya ideal itu seperti apa dengan membuat list My 2018 Life Style Goals. Agar saya dapat mewujudkan goals dari life style impian saya itu, mindset untuk bergaya hidup sesuai life style goals saya itu tentunya harus tetap dijaga biar istiqomah.

Jadi, gimana cara menjaga mindset itu?

"Kuncinya adalah obstacles, solution, dan time line"

Obstacles

Saya harus mengenali terlebih dahulu obstacles yang saya punya apa aja. Masalah teknis yang ngebuat kamar saya jadi rentan buat berantakan, atau cepat kembali berantakan padahal baru aja diberesin hehe. Setelah saya mengamati kamar saya, obstacles nya ada dua, yaitu kantong plastik dan printilan.

Kantong Plastik

Orang asia banget ya, suka ngumpulin kantong plastik. Masalah saya di sini bukan gila menimbun sampai kantong plastik bertumpuk, apalagi saya suka bawa goodie bag sendiri kalau belanja. Jadi masalahnya adalah pada gimana saya suka kesusahan buat milih ukuran kantong plastik yang akan digunakan. Sudah saya siasati dengan menyimpan para kantong itu di dua boks berbeda, untuk kantong plastik ukuran besar dan kecil, di atas bosks besar kaya gambar di bawah. Kalo boks besar yang paling bawah itu isinya sentimental things yang belum aku bisa buang kaya tiket konser, struk lucu, dan barang sentimen lain yang rencana juga bakal disortir lagi sih.

Boks nya saya simpan di dalam lemari di tingkat paling atas, tempatnya para boks dan pouch. Namun ternyata ini masih menyulitkan karena lokasi nyimpen boksnya bikin saya kerja dua kali buat milih kantong mana yang akan saya gunakan. Karena saya harus ambil boksnya dulu baru milih kantongnya. Ditambah lagi, saya ngga terlalu tinggi hha. Jadi itu bikin gerak milih kantong nggak bisa jadi lebih cepet tanpa bikin kantong plastiknya amburadul. Besides, kondisinya selalu lagi buru-buru tiap mau ambil kantong. Jadi kalo lagi buru-buru, either boks ngga sukses ketutup lagi, bikin berantakan lemari, or para kantong itu berhamburan ke luar.

Kenapa ngga saya pindah aja boksnya?  Saya lebih suka semua boks kumpul jadi satu di tingkat itu, biar saya ngga bingung lagi cari barang di per boksan.
Aaand currently, entah kenapa para kantong itu malah jadi satu di goodie bag ini dan jadi semrawut tiap mau ambil satu plastik baru hha.



Komono

Apa itu komono?
Komono adalah printilan.
Ini dia yang seperti never ending story. Mulai dari mana ya? (saking pusing nya)
Ada yang elektronik kaya lampu, setrika, hair drier, mouse dan tripod mini yang udah aku taro aja di rak “penampungan segala”. Ngga bagus kan dilihatnya?




Ada alat-alat tulis sama segala printilan di meja yang emang dibutuhkan saat itu juga tapi mereka selalu tampak berserakan entah kenapa. Padahal udah aku kasih tempat cup gitu, sama ada gelas succulent mati yang aku sayang buat diberesin, dengan niat (yang nggak segera dieksekusi) mau ditanemin succulent lagi. Ada termos juga ya, kipas mini, kunci motor, jam tangan (ih kok banyak ya hha) berserakan kan. Walaupun udah dirapihin jadi satu juga. Even kaya stationeris yang jarang dipake udah aku masukin drawer juga, campur bareng struk ama atm. Nah, drawer sendiri (yang rentan jadi tempat sampah) udah aku usahain buat ada dividernya. Sementara ini (sementara tapi udah berbulan-bulan wkwk) pake boks buat misahin financial stuff (read: struk, ini clutter juga ya) sama stationeris kaya gambar di bawah.


Nah obat-obatan udah aku jadiin satu di boks kaya di tingkat di rak “penampungan segala ada”. Tapi beliau ketutupan sama dus-dus skin care yang ngga aku buang-buang karena mereka lucu. Ini bikin susah ambil obat, susah balikinnya juga. Oke, terungkap sudah ternyata aku suka menimbun dus-dus lucu skin care.

Skin carenya sendiri udah aku tata di opened box di depan kaca. Buat make up dimasukin ke pouch karena kalo nanti pergi-pergi ga akan pusing langsung dibawa aja pouchnya. Tapi teteup, penyakit menimbun ada juga di sini, yaitu di sampel-sampel mini skin care yang unch unch. Mereka ini bikin penuh dan bikin ga rapi (akunya sih masih suka bikin berantakan). Akunya juga ga segera ngabisin adik-adik sample ini. Karena kalo doing routine itu seringnya yaudah aja auto pilot, make yang udah jadi habit. Apalagi sering pulang malem banget jadi bawaan udah capek pengen segera bobo dan berangkat pagi banget jadi bawaan fokus buat nggak telat. Dengan kata lain, kesempatan buat santai-santai nyoba skin care di luar habit jadi kecil banget.


Solution

Siap, masalah udah terungkap. Sekarang gimana dengan penyelesaian masalah ini. Rencananya sih “solution” saya bakal kaya gini.

Pertama, solusi teknis. Si kantong plastik akan dimasukkan ke boks yang open biar naroh dan ngambilnya ngga kesusahan. Plus biar semua boks kumpul jadi satu, rencananya si boks open ini akan saya letakkan di rak “penampungan segala”. Barengan sama boks open yang bentuknya akan mirip keranjang kotak gitu kali ya buat jadi tempatnya setrika (rencana buat jadi storage juga buat baju yang mau disetrika), tempat kertas,  dan tempat buat menampung printilan apa aja nanti berdasarkan kategori. Inginnya sih jadi kaya gambar di bawah.

Sumber: Ikea


Kedua, harus bener-bener melibatkan Allah dalam ikhtiar untuk enggak berantakan (clutter) lagi (bukan berbenahnya ya), yaitu dengan senantiasa meluruskan niat. Ingat lagi kalau berantakan itu bakal bikin males buat produktif, apalagi produktif ibadah. Lurusin niat, buat bikin Allah makin sayang sama kita, jadi biar urusan-urusan kita juga dimudahkan, hati kita juga dilapangkan untuk selalu berbahagia dengan iman di dada.

Sisanya aku kira masalah personal attachment nih dengan para printilan. Aku harus bisa bener-bener nentuin barang mana yang spark joy, mana yang enggak. Yang enggak spark joy bakal aku donasiin atau dipreloved in.

Time Line

Nah, buat serius milah mana yang spark joy dan mana yang enggak, harus disediakan waktu untuk berbenah total. Kalo kata Marie Kondo, buat yang hidup sendirian kaya saya sekarang, waktu paling lama untuk berbenah total adalah 3 hari (haha bisa ga yaa) beda sama yang kalo udah di rumah beneran yaitu 6 bulan. Karenanya, proses berbenah ini akan lebih efektif kalo ada time line.  Rencananya aku bakal spare satu hari tiap minggu untuk berbenah total. Harinya bebas mau hari apa aja.

Okay, jadii ini dia time line berbenah total dengan ilmu spark joy.

Week 1 Maret Berbenah baju dan buku
Week 2 Maret Berbenah  papers/ documents dan komono
Week 3 Maret Berbenah sentimental items

For those who wonder kenapa kategori barang-barangnya kaya gitu urutannya, karena memang begitulah urutan barang-barang yang kita punya buat dibenahi total mulai dari yang paling gampang sampai yang paling susah.

"Start with clothes, then move on to books, papers, komono (miscellany), and finally things with sentimental values"
(Marie Kondo, The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing)

Kenapa sih sentimental items urutannya terakhir banget buat dibenahi?

Karena namanya juga sentimental problems, bawaannya sama perasaan. Jadi paling sulit buat diseleksi dan pasti akan lebih lama proses ngebenahinnya. Makanya dia ada di urutan terakhir.

Kalo scroll up lagi, kebanyakan barang-barang yang jadi obstacle aku emang komono yang kayanya udah ada yang sebagian menjurus masuk ke sentimental items. Kok bisa sih bukan baju, atau buku?

Karena barusan pindahan dari rumah. Jadi barang-barang yang ada di kamar sekarang emang literally barang primer termasuk baju ama buku. Dan karena setahun lalu udah sempet nanemin mindset buat discard everything yang nggak spark joy, jadi udah lumayan tersortir lah si baju dan bukunya.

That’s all! 

Soo excited untuk segera total berbenah. Semoga mindset terus kejaga jadi semangat berbenah lillahnya juga on fire terus. Satu kutipan terakhir Marie Kondo dari buku The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing,

"From the moment you start tidying, you will be compelled to reset your life. As a result, your life will start to change. That’s why the task of putting your house in order should be done quickly. It allows you to confront the issues that are really important. TIDYING IS JUST A TOOL, not the final destination. The true goal should be establish the lifestyle you want most once your house has been put in order"

No comments:

Post a Comment