Di task sebelumnya saya udah memvisualisasikan gaya hidup yang
menurut saya ideal itu seperti apa dengan membuat list My 2018 Life Style Goals.
Agar saya dapat mewujudkan goals dari life style impian saya itu, mindset untuk bergaya hidup sesuai life style goals saya itu tentunya harus tetap
dijaga biar istiqomah.
Jadi, gimana cara menjaga mindset itu?
"Kuncinya adalah obstacles, solution, dan time line"
Obstacles
Saya harus mengenali terlebih dahulu obstacles yang saya
punya apa aja. Masalah teknis yang ngebuat kamar saya jadi rentan buat
berantakan, atau cepat kembali berantakan padahal baru aja diberesin hehe.
Setelah saya mengamati kamar saya, obstacles nya ada dua, yaitu kantong plastik
dan printilan.
Kantong Plastik
Orang asia banget ya, suka ngumpulin kantong plastik.
Masalah saya di sini bukan gila menimbun sampai kantong plastik bertumpuk,
apalagi saya suka bawa goodie bag sendiri kalau belanja. Jadi masalahnya adalah
pada gimana saya suka kesusahan buat milih ukuran kantong plastik yang akan
digunakan. Sudah saya siasati dengan menyimpan para kantong itu di dua boks
berbeda, untuk kantong plastik ukuran besar dan kecil, di atas bosks besar kaya
gambar di bawah. Kalo boks besar yang paling bawah itu isinya sentimental
things yang belum aku bisa buang kaya tiket konser, struk lucu, dan barang sentimen
lain yang rencana juga bakal disortir lagi sih.
Boks nya saya simpan di dalam lemari di tingkat paling atas,
tempatnya para boks dan pouch. Namun ternyata ini masih menyulitkan karena lokasi
nyimpen boksnya bikin saya kerja dua kali buat milih kantong mana yang akan
saya gunakan. Karena saya harus ambil boksnya dulu baru milih kantongnya. Ditambah lagi, saya ngga terlalu tinggi hha. Jadi itu bikin gerak milih kantong nggak bisa jadi lebih cepet tanpa bikin
kantong plastiknya amburadul. Besides, kondisinya selalu lagi buru-buru tiap mau ambil
kantong. Jadi kalo lagi buru-buru, either boks ngga sukses ketutup lagi, bikin berantakan lemari, or para
kantong itu berhamburan ke luar.
Kenapa ngga saya pindah aja boksnya? Saya lebih suka semua boks kumpul jadi satu di
tingkat itu, biar saya ngga bingung lagi cari barang di per boksan.
Aaand currently, entah kenapa para kantong itu malah jadi
satu di goodie bag ini dan jadi semrawut tiap mau ambil satu plastik baru hha.
Komono
Apa itu komono?
Komono adalah printilan.
Ini dia yang seperti never ending story. Mulai dari mana ya?
(saking pusing nya)
Ada yang elektronik kaya lampu, setrika, hair drier, mouse
dan tripod mini yang udah aku taro aja di rak “penampungan segala”. Ngga bagus
kan dilihatnya?
Ada alat-alat tulis sama segala printilan di meja yang emang
dibutuhkan saat itu juga tapi mereka selalu tampak berserakan entah kenapa.
Padahal udah aku kasih tempat cup gitu, sama ada gelas succulent mati yang aku sayang
buat diberesin, dengan niat (yang nggak segera dieksekusi) mau ditanemin
succulent lagi. Ada termos juga ya, kipas mini, kunci motor, jam tangan (ih kok
banyak ya hha) berserakan kan. Walaupun udah dirapihin jadi satu juga. Even
kaya stationeris yang jarang dipake udah aku masukin drawer juga, campur bareng
struk ama atm. Nah, drawer sendiri (yang rentan jadi tempat sampah) udah aku
usahain buat ada dividernya. Sementara ini (sementara tapi udah
berbulan-bulan wkwk) pake boks buat misahin financial stuff (read: struk, ini clutter juga ya) sama
stationeris kaya gambar di bawah.
Nah obat-obatan udah aku jadiin satu di boks kaya di tingkat
di rak “penampungan segala ada”. Tapi beliau ketutupan sama dus-dus skin care
yang ngga aku buang-buang karena mereka lucu. Ini bikin susah ambil obat, susah
balikinnya juga. Oke, terungkap sudah ternyata aku suka menimbun dus-dus lucu
skin care.
Skin carenya sendiri udah aku tata di opened box di depan
kaca. Buat make up dimasukin ke pouch karena kalo nanti pergi-pergi ga akan
pusing langsung dibawa aja pouchnya. Tapi teteup, penyakit menimbun ada juga di
sini, yaitu di sampel-sampel mini skin care yang unch unch. Mereka ini bikin
penuh dan bikin ga rapi (akunya sih masih suka bikin berantakan). Akunya juga
ga segera ngabisin adik-adik sample ini. Karena kalo doing routine itu
seringnya yaudah aja auto pilot, make yang udah jadi habit. Apalagi sering
pulang malem banget jadi bawaan udah capek pengen segera bobo dan berangkat
pagi banget jadi bawaan fokus buat nggak telat. Dengan kata lain, kesempatan buat
santai-santai nyoba skin care di luar habit jadi kecil banget.
Solution
Siap, masalah udah terungkap. Sekarang gimana dengan
penyelesaian masalah ini. Rencananya sih “solution” saya bakal kaya gini.
Pertama, solusi teknis. Si kantong plastik akan dimasukkan
ke boks yang open biar naroh dan ngambilnya ngga kesusahan. Plus biar semua
boks kumpul jadi satu, rencananya si boks open ini akan saya letakkan di rak “penampungan
segala”. Barengan sama boks open yang bentuknya akan mirip keranjang kotak gitu
kali ya buat jadi tempatnya setrika (rencana buat jadi storage juga buat baju
yang mau disetrika), tempat kertas, dan
tempat buat menampung printilan apa aja nanti berdasarkan kategori. Inginnya
sih jadi kaya gambar di bawah.
Sumber: Ikea |
Kedua, harus bener-bener melibatkan Allah dalam ikhtiar untuk
enggak berantakan (clutter) lagi (bukan berbenahnya ya), yaitu dengan
senantiasa meluruskan niat. Ingat lagi kalau berantakan itu bakal bikin males
buat produktif, apalagi produktif ibadah. Lurusin niat, buat bikin Allah makin
sayang sama kita, jadi biar urusan-urusan kita juga dimudahkan, hati kita juga
dilapangkan untuk selalu berbahagia dengan iman di dada.
Sisanya aku kira masalah personal attachment nih dengan para
printilan. Aku harus bisa bener-bener nentuin barang mana yang spark joy, mana
yang enggak. Yang enggak spark joy bakal aku donasiin atau dipreloved in.
Time Line
Nah, buat serius milah mana yang spark joy dan mana yang
enggak, harus disediakan waktu untuk berbenah total. Kalo kata Marie Kondo,
buat yang hidup sendirian kaya saya sekarang, waktu paling lama untuk berbenah
total adalah 3 hari (haha bisa ga yaa) beda sama yang kalo udah di rumah
beneran yaitu 6 bulan. Karenanya, proses berbenah ini akan lebih efektif kalo
ada time line. Rencananya aku bakal
spare satu hari tiap minggu untuk berbenah total. Harinya bebas mau hari apa
aja.
Okay, jadii ini dia time line berbenah total dengan ilmu
spark joy.
Week 1 Maret Berbenah baju dan buku
Week 2 Maret Berbenah papers/ documents dan komono
Week 3 Maret Berbenah sentimental items
For those who wonder kenapa kategori barang-barangnya kaya
gitu urutannya, karena memang begitulah urutan barang-barang yang kita punya
buat dibenahi total mulai dari yang paling gampang sampai yang paling susah.
"Start with clothes, then move on to books, papers, komono (miscellany), and finally things with sentimental values"(Marie Kondo, The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing)
Kenapa sih sentimental items urutannya terakhir banget buat
dibenahi?
Karena namanya juga sentimental problems, bawaannya sama
perasaan. Jadi paling sulit buat diseleksi dan pasti akan lebih lama proses
ngebenahinnya. Makanya dia ada di urutan terakhir.
Kalo scroll up lagi, kebanyakan barang-barang yang jadi
obstacle aku emang komono yang kayanya udah ada yang sebagian menjurus masuk ke
sentimental items. Kok bisa sih bukan baju, atau buku?
Karena barusan pindahan dari rumah. Jadi
barang-barang yang ada di kamar sekarang emang literally barang primer termasuk
baju ama buku. Dan karena setahun lalu udah sempet nanemin mindset buat discard
everything yang nggak spark joy, jadi udah lumayan tersortir lah si baju dan
bukunya.
That’s all!
Soo excited untuk segera total berbenah. Semoga
mindset terus kejaga jadi semangat berbenah lillahnya juga on fire terus. Satu kutipan
terakhir Marie Kondo dari buku The Life-Changing Magic of Tidying Up: The
Japanese Art of Decluttering and Organizing,
"From the moment you start tidying, you will be compelled to reset your life. As a result, your life will start to change. That’s why the task of putting your house in order should be done quickly. It allows you to confront the issues that are really important. TIDYING IS JUST A TOOL, not the final destination. The true goal should be establish the lifestyle you want most once your house has been put in order"
No comments:
Post a Comment