Sunday, March 18, 2018

Tidying Clothes: Part 1



Akhirnya, setelah tiga pekan menjaga mindset, saatnya Tidying Festival!

Sesuai postingan sebelumnya, berbenahnya dimulai dari clothes. Apa aja sih benda-benda yang masuk ke kategori clothes? 

Atasan 
such as kaos, kemeja, sweater, dan gamis

Bawahan 
such as celana dan rok

Pakaian yang digantung
such as jaket, coat, dan jas

Kaus kaki

Pakaian dalam

Aksesori
such as kerudung, syal, topi, tas dan ikat pinggang

Special occasion outwear
such as baju renang dan seragam

Sepatu

Sprei, sarung bantal, handuk, lap dan keset

...

BUANYAK ya, hahaha

Santai, proses tidyingnya ternyata nggak seriwuh kelihatannya. 

Langsung aja.

Step Pertama
Let's first take a capture of how do our closet look before we do the make over. Dan inilah dia penampakan lemari dan clothes rak di kamar indekos saya.




Step Kedua
Keluarkan semua baju dari lemari.







Step Ketiga
Pisahkan semuaaa jadi dua kategori yaitu Keep dan Toss. Keep yang spark joy, toss yang enggak. Dari foto di bawah, yang ditoss ada di sebelah kanan. Ngga banyak amat ya, karena like I said in the previous post, I just moved. Jadi baju ngga lagi gila-gilanya. Tapi tetep ya ada juga yang ditoss. Udah sombong awalnya mikir kayanya ngga bakal ada haha. Yang toss rencananya mau aku bawa pulang kampung pas term break, entah adek masih suka pakai atau simply langsung kasih Mak Mi. 



Step Keempat
Folding!

Ini step yang paling aku sukaa. Prinsip ngefoldingnya adalah membagi si baju terlebih dahulu jadi tiga bagian, lalu dilipat jadi tiga atau dua sampai bisa berdiri vertikal seperti ini. Biar ga bingung, ini contoh cara nge folding kaos lengan panjang, celana, dan dress.


Yang di bawah ini adalah pertama kalinya aku nge folding, dan baju yang aku pilih adalah gamis! Gamis dilipet juga? Iya karena dia ngga termasuk kategori baju tebal yang harus digantung. Unless kalo macem kebaya atau baju yang ringkih dan rapuh barulah ngga difolding. Jadi karena penasaran, langsung cobain deh folding gamis. Dan bisa lah berdiri vertikal dia. Kagummm. I've never expect tidying clothes could be so awesome and heart warming like this hihi. 






Cantik ya hehe.

Jadi buat Tidying Clothes tahap awal, kita having fun folding ala Marie Kondo, nge eksplor metode beliau buat SEMUA jenis baju, dari yang bentuk nya normal sampai yang ngga simetris (misal kalo di aku mulai susah waktu ngelipet bergo sama rok celana). Dan memang bener banget ternyata, folding ala beliau beneran bisa buat ngelipet si bergo ama rok celana jadi rapi, universal berdiri vertikal semua. (Daku kagummm, kepingin sungkem sama Bu Marie)

Lalu muncul kegalauan, kan tipe folding kaya gini bagusnya cuma buat drawer ala jepang aja kan. Apa kabar sama lemari klasik punya kita semua? Harus beli baru kah? Atau ada strategi khusus? Apa yaudah biarin aja pakai lemari klasik apa adanya?

Sabar, jawabannya tunggu di Part 2 ya hehe. See you di Tidying Clothes Part 2!

No comments:

Post a Comment