Tuesday, November 20, 2012

Is it Chemistry? or Physics?

Pernah ga denger kata kata "wah kalian berdua punya chemistry deh" atau melihat semacam "chemistry" between two lovers gitu kalau misalnya mereka lagi deketan dan kelihatan cocok?
Hehe
Ahem
Well kalo diterjemahin, chemistry itu kan artinya kimia dan ga ada nyambung-nyambung nya sama sekali. Tapi istilah ini memang masih sering dipakai.

Wets, pernah nggak sih kita memikirkan bahwa sebenernya ada yang namanya Fisika between two lovers? 

Setiap obyek atau benda yang bermassa (mulai daaah keluar fisikanya hehe) pasti akan dipengaruhi oleh medan gravitasi benda itu sendiri, termasuk manusia, orang, people, kita.

Kok kita nggak bisa ngerasain medan gravitasi kita sendiri yah?

Karena medan gravitasi milik kita itu keciiiiiiiiiil banget dibandingin sama medan gravitasi bumi. Misalnya ada dua orang yang massa nya 50 kg dan 70 kg lagi deketan. Kita asumsikan jarak mereka berdua 0.4 m. Tanpa mereka sadari, di antara mereka berdua ini ada yang namanya force of attraction atau semacam gaya tarik menarik gitu. Gaya ini bisa dihitung dengan menggunakan Newton's Universal Law of Gravitation.
Ingat formulasi nya, F = G M m / r^2.
Jadi bisa dihitung gaya di antara mereka berdua sekitar 1.5 x 10^-6
Kecil banget kaan



taken by Kaka (HOS, 2011)
Makanya kita nggak pernah merasakan atau menyadari bahwa ada yang namanya gaya bila kita sedang berinteraksi dengan orang :)


inspired from Jacaranda Phycis 2

7 comments: