Tuesday, November 20, 2012

Nipponica



 Kemaren after aku nganter ibuku ambil buku di SMAN 6 Surabaya, she gave me this, nipponica. Majalah gitu yang discovering Japan. Special feature nya tentang gimana jepang yang ramah lingkungan. 

Jadi, Jepang selayaknya juga Negara Negara lain  pasti pernah mengalami yang namanya masalah lingkungan seperti polusi maupun natural disaster. Belakangan ini, Jepang telah mengembangkan teknologi hijau (ramah lingkungan) yang sesuai dengan standar global yang bisa nyeimbangin perkembangan ekonomi dan konservasi lingkungan.

Majalah ini memperkenalkan sistem energy terbarukan yang dimiliki Jepang seperti the massive solar power plant di sepanjang Tokyo Bay dan Geothermal Power Plant di Fukushima, Matsukawa, dan Kawasaki. Energi baru dan terbarukan sebenarnya juga termasuk dalam bidang Strategi Nasional loh, ya si Geothermal itu. Indonesia sedang mengembangkan ini juga. Apalagi posisi geografis Indonesia yang terletak di daerah the circumference of Pacific ring of fire dan antara pertemuan 3 lempeng tektonik membuat Indonesia memiliki pegunungan yang banyak menyimpan energi geothermal. Keren yah kita hehe. Menurut Madlazim (2011) investor uda banyak ngincer posisi geothermal yang bagus buat dibor. Untuk menentukan titik mana yang akan dibor butuh penelitian selama setahun agar tidak salah bor. Ck ck ck banget yah. Makanya semangat terus belajar yang rajin biar bisa ngasi kontribusi buat bangsa dan negara tercinta *loh hehe

Jepang juga memiliki waste management dan recycling yang baik. Mereka belajar dari masalah yang menimpa mereka dari tahun ke tahun mulai dari polusi, kemudian oil shocks, lalu berusaha survive dari Global Warming sampai akhirnya tahun 2000 an atau aku bilang present day ini Jepang uda bisa disebut lahir sebagai ”material-cycle-society”. 

Selain itu masyarakat nya pun dihimbau agar terus menggunakan peralatan yang ramah lingkungan. Contoh nya Furoshiki (eco-bag), kotak bento (bekal makan) pakai ulang, sumpit yang bisa dibawa kemana saja, sampai solar LED lights yang bisa dibawa kemana-mana bahkan ketika terjadi bencana alam.
Majalah ini juga menyajikan potret tokoh, tempat yang direkomendasikan untuk berkunjung, juga ulasan kuliner dan tradisi Jepang. Such a refreshing text to read :)

Mau baca? Come and see me at my house hehe

No comments:

Post a Comment